Jumat, 15 Juni 2012

DEFINISI LENGKAP VGA


VGA pertama kali dipasarkan pada tahun 1987 oleh IBM (International Bushiness Machines Corporation) disingakat menjadi IBM. NYSE : IBM adalah salah satu perusahaan AS yang membuat/memproduksi perangkat keras dan perangkat lunak. IBM didirikan pada 15 Juli 1911 dan beroprasi pada tahun 1888 yang berpusat di Armonk, New York, AS. VGA card merupakan bagian komputer, di dalam CPU yang berperan penting untuk menampilkan output process ke monitor. Tanpa VGA card, layar komputer tidak akan menampilkan apa-apa alias blank. VGA card sendiri ada yang berupa slot tambahan ataupun bawaan produsen motherboard atau disebut juga VGA on board.
Pengertian VGA (Video Graphics Array)
VGA Card (Video Graphics Array) adalah kartu pengolah grafis dan mengirimkan data monitor. Pada komputer generasi lama, pengerjaan grafis dibebankan pada prosesor. Komponen VGA diantaranya adalah GPU (Graphics Processor Unit) sebagai pemroses sinyal gambar yang akan ditampilkan ke monitor, Video Memory (RAM dengan kapasitas tertentu), dan RAMDAC (Random Access Memory Digital to Analog Converter) yaitu sebuah chip yang mengubah sinyal digital menjadi sinyal analog.


Jenis-Jenis VGA :
1)    VGA onboard (VGA yang sudah menyatu dengan motherboard)
2)    VGA PCI (VGA Card Versi lama dengan kapasitas sekitar 1 - 32 MB)
3)    VGA AGP (Accelerated Graphics Port) yaitu VGA yang dipasangkan pada slot AGP
4)    VGA PCI Express (VGA terbaru dan tercepat saat ini)
Jenis-jenis VGA Card, berdasarkan jenis slot, Tujuan utama mengetahui jenis-jenis vga adalah kita bisa mengidentifikasi VGA yang kita miliki, dengan demikian kita tidak kebingunan ketika akan mengganti vga. Berdasarkan jenis slot, atau bagian dari vga yang terpasang ke komputer, maka dapat dikategorikan menjadi beberapa jenis, antara lain:
  • VGA PCI, vga card ini bisa digunakan dengan memasang pada slot vga, vga jenis ini sudah jarang sekali digunakan, karena keterbatasan fitur, ciri-cirinya adalah bagian slot-nya pada bagian depan terdapat coakan, dan jenis pin-nya lurus secara vertikal, lebih jelasnya lihat gambar berikut:



  • VGA Jenis AGP, awal dibuatnya vga agp, karena peningkatan yang signifikan terhadap transfer data dari memory, cpu ke peralatan display, sehingga dibuatkan slot agp untuk memasang vga kenis agp, vga agp diluncurkan berdasarkan nilai voltase yang digunakan, yaitu agp 1x dan 2x dengan voltase 3.3 v, sedangkan 4x dan 8x 1,5 volt. vga agp terakhir yang muncul adalah jenis pro dan pro universal dengan kemampuan 3.3 dan 1,5 volt. Ciri-ciri vga ini adalah bentuk pin-nya yang vertikal dengan bentuk mirip formasi sarang lebah, berikut adalah gambar vga agp dan slot-slot agp-nya: 
  • VGA PCI Express, perkembangan slot pci selanjutnya memiliki kemampuan yang luar biasa, dengan nama PCI Express, dirancang untuk memasang peralatan-peralatan mutakhir, 2 versi slot PCI Express yang terkenal adalah PCI Express 1 x dan 16 x, PCI Express 16 x digunakan khusus untuk memasang vga jenis PCI Express, dan 1x untuk keperluan memasang peralatan-peralatan tambahan. Ciri fisik vga jenis pci express adalah dengan melihat bentuknya yang memiliki bentuk kebalikan dari PCI biasa. berikut adalah slot dan VGA PCI Express:










Disini ada beberapa bagian dari VGA:

memory pada VGA memiliki fungsi yang mirip dengan memory RAM, yaitu untuk menyimpan data sebelum dan sesudah diolah oleh chip GPU (komponen pada vga yang berfungsi mengolah data sehingga mengahasilkan citra 2 dimensi dan 3 dimensi/tampilan yang dapat kita lihat di layar minitor).
VGA BIOS adalah library ROM berbasis fungsi menyediakan antarmuka dasar untuk adaptor VGA. Fungsi-fungsi ini didokumentasikan dengan baik sehingga sebagian besar program DOS menggunakan rutin untuk layar dasar I / O. Sebagian besar aplikasi dan sistem
perangkat lunak yang "pergi langsung" untuk memori video bahkan memanggil BIOS untuk menginisialisasi keadaan VGA ("Mode Set").
S-Video (singkatan dari separate video) adalah jenis sambungan kabel dan konektor untuk peralatan elektronik (TV, VCR, dan DVD-player) yang terdiri dari 2 kabel sinyal: sinyal video/gambar analog, dan sinyal audio/suara. Kadang-kadang S-Video diartikan  juga  sebagai kabel Super-video atau sambungan S-VHS. Untuk bagian sinyal video, jenis konektor yang dipakai adalah Mini-DIN dengan menggunakan 4 pin: sepasang pin untuk sinyal yang berkaitan dengan intensitas gambar (brightness, intensity, atau luminance), dan sepasang  piyang  lain  untuk sinyal yang berkaitan dengan warna (color atau chrominance)
 Koneksi kabel VGA dalam sebuah perangkat komputer sangat penting peranannya, bagian ini berfungsi untuk menampilkan output / hasil dari pengolahan data PC untuk selanjutnya bisa kita lihat di depan CRT monitor.
Koneksi yang saat ini umum digunakan adalah konektor VGA 15 pin, seringkali kita mendapati kerusakan pada monitor gelap atau tidak timbul gambar atau mungkin juga warna kemerah merahan. Kerusakan kerusakan tersebut selain bisa disebabkan oleh Monitor atau PC juga bisa disebabkan oleh koneksi kabel itu sendiri. Tentu saja kita harus mengukur untuk bisa menganalisa kerusakan pastinya,
Berikut ini merupakan gambar konfigurasi / urutan kaki untuk konektor tersebut, lengkap dengan fungsi masing masing koneksi :


Pin
Signal
Pin
Signal
1
Red
9
Supply +5Vdc
2
Green
10
GND H -Sync
3
Blue
11
GND H -Sync
4
GND
12
SDA
5
GND
13
H -Sync
6
GND Red
14
V -Sync (VCLK)
7
GND Green
15
Data Clock(SCL)
8
GND Blue


Pin 1,2,3 merupakan pin tegangan output utama RGB yang bila kita ukur adalah sekitar 0,7 V p-p ini merupakan sinyal analog yang mempunyai impedansi 75 ohm . Sedangkan semua pin lainnya adalah sinyal TTL.
Konektor DVI (Digital Video Interface), fungsinya sebagai video input,dari sumber sinyal video,misal Dvd player,vcd player,camcorder,handycam dll termasuk dari VGA card.Tentu semuanya harus punya port DVI output.Intinya DVI output harus disambung ke DVI input pada perangkat lain..
RAMDAC ( Eng. Random Access Memory Digital-to-Analog Converter) adalah kombinasi dari tiga cepat konverter digital-analog dengan sejumlah kecil RAM untuk menyimpan cat dan untuk membuat sinyal analog untuk menampilkan gambar pada monitor. RAMDAC Istilah ini datang dengan mode tampilan VGA yang diperkenalkan IBM pada tahun 1987. Bertanggung jawab untuk mengubah prosesor komputer sinyal digital dari analog-ke- perangkat lain. Tergantung pada jumlah bit yang digunakan oleh RAMDAC dan kecepatan transfer data converter akan dapat mendukung layar refresh rate yang berbeda (refresh rate). RAMDAC mengirimkan gambar final kepada monitor melalui kabel.
Sebuah graphics processing unit atau GPU (juga kadang-kadang disebut unit pemrosesan visual atau VPU) adalah sirkuit elektronik khusus yang dirancang untuk cepat memanipulasi dan mengubah memori sedemikian rupa sehingga mempercepat pembangunan gambar dalam frame buffer dimaksudkan untuk output ke tampilan . GPU yang digunakan dalam embedded system, ponsel, komputer pribadi, workstation, dan konsol game. GPU modern sangat efisien dalam memanipulasi grafik komputer, dan struktur paralel yang sangat membuat mereka lebih efektif daripada tujuan umum CPU untuk algoritma di mana pengolahan blok besar data dilakukan secara paralel. Pada komputer pribadi, GPU dapat hadir pada kartu video, atau dapat di motherboard atau di-tertentu-CPU pada CPU mati. Lebih dari 90% dari desktop baru dan komputer notebook [date hilang] telah mengintegrasikan GPU, yang biasanya jauh lebih kuat dibandingkan pada kartu video khusus.

Semoga Bermanfaat....

0 komentar: