Kamis, 25 April 2013

Sejarah Islam Di Persia


Islam di Persia berbeda dengan islam dikawasan lain.Di Persia kurang lebih sekitar 80% menggunakan mazhab syiah sejak berdirinya dinasti syafawiyah (1501), selain itu karena factor politik.Hal ini yang menyebabkan tulisan-tulisan islam di  Persia sedikit.Perhatian orang terhadap islam di Persia (iran) adalah minor.Persia memiliki warisan kebudayaan yang kuno dan tinggi yang salah satunya dikenal dengan wazir (perdana menteri) oleh karena itu Persia memiliki posisi kedua setelah Arab dalam membentuk masyarakat islam, dan hal ini pulalah yang menyebabkan berkembang dan mempunyai warna tersendiri.
Di ajaran syiah terkenal dengan taqiyah yakni menutupi kepercayaannya . konsep ini berkembang karena sejak awal kaum syiah sudah ditindas khususnya pada zaman umayah. .
Ø Posisi Persia pada masa dinasti umayah
Pada masa pemerintahan Muawiyah ibu kota dinasti umayah berada di Damaskus sedangkan Persia ada di Baghdad maka terjadilah interaksi antara islam di Persia dan islam di Baghdad.
Posisi Persia masa Umayah
·        Masa muawiyah
Ibukota muawiyah Damaskus maka ada interakksi antara orang rumawi dengan oranng islam. Ibukota abasiyah ada di Baghdad mereka banyak mengadopsi orang –orang Persia
·        Penertiban militer
·        Pemantapan pendapatan negara à termasuk Persia Penerapan aspek2 patrirkhla kahlifah àArab
·        3 permasalahan : pertempuran aristocrat Arab memperebutkab khalifah,persaingan antar kelompok dan pemberontakn sekte keagamaan. Pada masa nabi telah wafat adalah permasalahan kepemiminan.Nabi Muhammad menunjuk Abu bakar sebagai pemimpin  itu yang dijadikan sunni sebagai refrensi untuk kepemimpinan. Aristokrat (kelas bangsawan Khususnya pada masa Ali (bani hasyim) dengan Muawiyah (Bani Umayah)
·        Pelaku administrasi:Orang Yunani dan Persia ( di Irak: pola administrasi Sasania,keuangan,kemiliteran,surat menyurat dan kedutaan.
·        Mencetak mata uang sendiri àmenghilangkan simbolisme Kristen (bizantium)dan Zoroaster
·        Kekuatan militer:Syiria
·        Desain dan dekorasi istana : Persia (Umar berusaha membedakan antara oang arab dan bukan orang arab)
·        Akhir Umayah Khurosan:ajang agitasi pola dan harapan dimana masyarakat umayah sudah mulai lemah dimaana kHurosan yang menghancurkan umayah
Posisi pesia masa Abasiyah.
·        Baghdad: pusat militer,admin,eko,
·        Al Harbiya=kelompok tentara
·        Al-Karkh=kelompok para pekerja bangunan
·        Madinatussalam=kelompok admin
·        Problem :pembangunan institusi pemerintahan yang fektif ,memobilisasi dukungan plitik melalui pajak,engamanan loyalitas warga
·        Kebijakan
Masa abasiyah dengan konsep universal atinya tidak membedakan anta oranag arab dan bukan arab jadii disana banyak bangsa,berbeda dengan masa umayah ada pembedaan karena adanya Arabisasi.
1.       Menerapkan prisip universalitas
2.      Menghilangkan supremasi bangsa Arab
3.      Menjadikan seluruh pemeluk isl sbg pendukung
4.     Melonggarkan mekanisme rekruitmen pegawai
5.      à Kader2 pemerinyahan dari berbagai unsu tipe2 kedinasan ,diwan al rasai (earsipan)diwan al kharaj ( pajak)
Orientasi Budaya tantangan masa awal
·        Syari;ah Minded’ ( ilmu yang pertama kali muncul dan mendapat perhatian adalah ilmu hukum à Fiqh
Contoh: maliki,,Hanafi,Syafi’I,Hambali.. seperti permasalah dalam sholat,kepemimpinan,hubungan antar manusia, . Karena umat islam semaikn luas maka pengembangan yang paling utama adalah hukum karena merupakan kebutuhan riil.
·        Tradisi asketik & monstik à tasawuf (karena mereka sudah mulai hidup hedonis)
Sperti perang antar khalifah untuk memerebutkan posisi khalifah meraka sudah mulai jenuh.
·        Gerakn batiniah à cinta esoterik (punya makna bathin)
·        Adab àArab pra islam dan iran (sasan) à berkembang berasama –sama .
Pertumbuhan Peradaban Islam
·        Bentuk-bentuk baru kegamaan : stdi keagamaan dan praktik 2 kegamaan hukum,teologi,mistisisme
·        Masa Umayah – awal Abbasiyah : 2 bentuk kegamaan islam dan perkembangan cultural : 1 kalangan itana dan elit politik àislam 2.komunitas perkotaan yang heterogen à islam sebagai ekspresi keagamaan, moral dan social masyarakat perkotaan.(orang perkotan mereka hidup dinamis karena dekat dengan industi,perdagangan) .
Konfli cenderung kea rah politik.
                                                                                                      9 Oktober 2012
Kontribusi Persia terhadap ilmu pengetahuan
Ketika islam datang Persia memberikan penerangan baru khusunya dalam ilmu pengetahuan dan ada banyak tokoh ilmuwan dari Persia
1.       Al-Ghazali
ialah tokoh ilmu teologi,filsafat,tasawuf.
2.      ,Nasirudin Al Tusi seorang ilmuwan yang cukup besar selain itu ia politisi,,astronom, penemu geometric dan penemu rotasi bumi.dalam bidang biologi perintis teori evolusi bumi yaitu zat –zat yang ada dalam manusia mengalami perkembangan dan pada saatnya akan mengalami menurun maka penyakit2 banyak terjadi akan tetapi teori evolusi ini berbeda dengan Darwin. Dan ahli matematika. Dalam ilmu kalam ia menulis Tajrid al-Aqaid.,
3.      Ibnu Sina ahli kedokteran,filsafat dalam barat dikenal dengan Avicenna salah satu karya yang terkenal adalah Qanun fi Thib,.Muhammad bin Musa al-Khawarismi ia ahli astronomi,geografi dikenal dengan aljabar,
4.     Umar kahayam,Ibrahim al Fazari, Al Biruni tokoh matematika serta ahli astronomi
Sebelum datangnya islam akademi Jundi shapur sudah mengembangkan ilmu pengetahua
Afghanistan,Bukhara,Transoxania,Sungai Oxus,Khurasan
Dalam bidang sastra Persia pun dominan yaitu
Budak dari berasal Turki dan budak itu ialah seorang tentara dan dari tentara itu memberontak. Samaniyah di mata Abasiyah adalah sebagai gubernur mengingat sistem pemerintahan yang diterapkan ialah sistem desentralisasi/otomonisasi dari hal inilah munculnya dinasti-dinasti. Sedangkan samaniyah menganggap keuasaanya ialah independen dengan ibu kota Bukhara.
Dinasti Dinasti yang Berkuasa di Persia (Iran)
  1. Dinasti Samaniyah
  2. Dinasti Buwaihiyah
  3. Dinasti Shafawiyah
  4. Dinasti Qajar
Demikian Artikel Sejarah Islam Di Persia, kritik dan saran (koment) sangat diperlukan guna untuk penulisan artikel selanjutnya supaya bisa lebih baik lagi dan dapat bermanfaat.. Terimakasih partisipasi anda untuk membaca artikel ini..


0 komentar: