Jumat, 22 Maret 2013

Pengertian Agama




Secara etimologis
Agama berasal dari bahasa Sansekerta yang tersusun dari dua kata; a=tidak dan gam = pergi, jadi agama artinya tidak pergi, tetap di tempat, diwarisi secara turun temurun. Ada pula pendapat yang mengatakan bahwa agama berarti teks atau kitab suci dan tuntunan.
Agama digunakan juga sebagai terjemah dari kata din ((دين dari bahasa Arab yang berarti menguasai, menundukkan, patuh, utang, balasan, dan kebiasaan.

Agama dikenal pula  dengan kata religi yang berasal dari bahasa latin relegere, yang berarti mengumpulkan atau membaca. Tapi menurut pendapat lain kata religi berasal dari kata religare yang berarti mengikat.



Secara terminologis

Banyak ahli mendefinisikan  istilah agama, diantaranya, Taib Tahir Abdul Mu’in:
“ Suatu peraturan Tuhan yang mendorong jiwa seseorang yang mempunyai akal untuk dengan kehendak dan pilihannya sendiri mengikuti peraturan tersebut, guna mencapai kebahagiaan hidupnya di dunia dan akhirat.”

Selain itu Agama juga memiliki karakteristik diantaranya yaitu:
KARAKTERISTIK AGAMA
·         Pertama, unsur kepercayaan terhadap kekuatan gaib.
·         Kedua, unsur kepercayaan bahwa kebahagiaan dan kesejahteraan hidup di dunia ini di akhirat nanti tergantung pada adanya hubungan yang baik dengan kekuatan gaib yang di maksud.
·         Ketiga, unsur respons yang bersifat emosional, seperti rasa takut, cinta, kasih sayang, rasa sakit, dsb.
·         Keempat, unsur paham adanya yang suci (sacred) dalam bentuk kitab, tempat, peralatan, dll. 
     
   Semoga sedikit Pengertian tentang Agama ini Dapat bermanfaat...



0 komentar: