Rabu, 21 November 2012

Perbedaan AMD Dan Intel




Karena banyaknya pertanyaan yang ingin tahu mengenai AMD Dan Intel dan perkembangan mereka. Disini , saya akan membahas sedikit mengenai hal tersebut karena tidak dipungkiri AMD Dan Intel banyak menjadi perdebatan orang sekarang.

Sejarah AMD dan Intel: 


Processor Intel
Intel merupakan lawan tangguh untuk prosesor AMD. Sama dengan AMD, Intel juga menawarkan tiga kisaran prosesor – high end, pertengahan dan dasar – dengan kategori pertama terdiri dari tiga dan sisanya terdiri dari dua produk.
High end prosesor Intel terdiri dari seri terbaru i Core – Intel Core I3, i5, dan i7. Core i5 dan Core i7 diciptakan dengan 2, 4 atau 6 (hanya tersedia untuk Core i7) kapasitas dan prosesor 64-bit. Kedua datang dengan Hyper Threading dan teknologi Turbo Boost. Teknologi Turbo Meningkatkan memastikan peningkatan kinerja secara keseluruhan dan menangani aspek seperti jumlah core aktif, konsumsi daya, suhu prosesor, dll Core I3 juga memiliki fitur ini, selain untuk teknologi Boost Turbo. Core i5 memiliki memori cache lebih rendah daripada i7.
Processor Intel Menengah meliputi Intel Core 2 Duo dan Intel Pentium Dual Core prosesor. Yang pertama menawarkan dua inti proses yang meningkatkan output gaming dan multimedia. terakhir ini didasarkan pada arsitektur mikro Core dan memberikan output yang layak untuk multimedia.
Processor Intel dasar prosesor termasuk Intel Centrino, Intel Centrino Duo dan Intel Atom. Kedua Prosesor Centrino adalah pilihan populer untuk komputasi mobile dan laptop kecil. Intel Atom dirancang untuk mengkonsumsi daya yang sangat rendah, dan fungsi pengolahannya juga terbatas.
  • LGA 775: Mobo dengan soket ini hanya untuk dipasangkan dengan prosesor Intel Celeron 347-Celeron 3200, Pentium 4 521, dan Core 2 series. Prosesor terbaru Core i5, dan i7 ngga bisa dipasang d mobo soket ini. Mobo soket ini memiliki paling banyak varian Chipset (945 – X48) dan tersedia dalam dua “rasa” RAM (tergantung vendor): DDR2 dan DDR3 dengan konfigurasi Dual Channel
  • LGA 1156: Mobo dengan soket ini hanya bisa dipasangkan dengan prosesor Intel Core i5 7xx dan Core i7 8xx. Prosesor Core 2 series dan Core i7 9xx tidak bisa dipasangkan d mobo soket ini. Mobo soket ini berchipset P55 (untuk saat ini) yang membutuhkan RAM DDR3 Low-Voltage Dual Channel. Menurut review yang ada, DDR3 yg digunakan harus bertipe Low-voltage dan berbeda dengan DDR3 biasa.
  • LGA 1366: Mobo dengan soket ini hanya bisa dipasangkan dengan prosesor Intel Core i7 9xx. Prosesor Core 2 series, Core i5, dan Core i7 8xx tidak bisa dipasangkan pada mobo soket ini..
Kelebihan:

  • Memiliki varian-varian dengan performa paling kencang, bahkan belum ada prosesor AMD yg bisa jd tandingannya pd range hrg >2jt (tepatnya AMD emg ga punya prosesor dgn hrg >2jt).
  • Banyak yang bilang sangat stabil dipakai keperluan aplikasi berat dan multi tasking
  • Range varian dan harga paling banyak
  • Rasio Clock/performance paling baik
  • Konsumsi daya kecil dengan performa tinggi
Kekurangan:
  • Harganya mahal
  • Banyaknya varian bisa bikin bingung
  • Varian tertinggi (Extreme Edition) mahal amit-amit
  • Harga satu platform (prosesor+mobo+RAM) yang tinggi.



Processor AMD
AMD menawarkan tiga kualitas prosesor – high end, menengah dan dasar. Ada tiga prosesor dalam setiap kategori.
Kategori high end terdiri dari AMD Phenom II X6, AMD Phenom X4 II dan AMD Phenom X2 II. Phenom II X6 adalah yang pertama AMD dengan enam inti prosesor dimaksudkan untuk mengoptimalkan tingkat kinerja yang sangat tinggi. Phenom X4 II dilengkapi dengan quad-core Phenom II X6 chip dan chip ini secara khusus dirancang untuk multimedia kualitas yang sangat luar biasa digunakan untuk aplikasi canggih. Phenom X2 II adalah 2 inti prosesor kapasitas yang menjamin kualitas kinerja keseluruhan baik dengan harga yang sangat ekonomis.
Kategori Menengah terdiri dari AMD Phenom X3 II, AMD Turion II dan AMD Turion Ultra II. X3 Phenom II adalah urutan kelas 3 inti prosesor dengan kemampuan komputasi 64-bit, yang dirancang untuk memberikan kinerja yang optimal dengan harga ekonomi. Kedua Turions dirancang untuk output multimedia yang sangat baik dan mereka sebagian besar dibuat dengan AMD atau grafis ATI, tentu saja, dengan harga yang sangat ekonomis.
Prosesor AMD dasar adalah AMD Sempron, AMD Athlon dan AMD Athlon Neo Neo X2. Dianggap terbaik untuk komputasi mobile, AMD Sempron adalah pilihan populer untuk desktop dan laptop dengan anggaran yang rendah. prosesor ini sesuai untuk kebutuhan komputasi yang sangat dasar seperti browsing internet, fungsi dasar kantor dan e-mail. Athlon dan Athlon X2 Neo Neo dibuat dengan kekuatan pemrosesan yang lebih rendah dan kekuatan ekonomi konsumen dan sebagian besar terdapat di netbook dan nettop. Karena yang terintegrasi dengan grafis ATI, prosesor ini juga menawarkan output dasar yang layak untuk multimedia.

  • Soket AM2+: Bisa dipasangkan dengan prosesor AM2+ dan AM3. Soket ini hanya suport RAM DDR2 Dual Channel.
  • Soket AM3: Hanya bisa dipasangkan dengan prosesor AM3 saja. Soket ini sudah suport

Kelebihan:

  • Harga murah, dengan performa seimbang
  • Varian lebih ditujukan ke arah ekonomis dengan price/performance ratio tertinggi yang bahkan melebihi price/performance Intel.
  • AMD panas? kata siapa? itu mah AMD d jaman dinosaurus masih hidup. Skrg,di sini uda banyak yang buktiin kl AMD Quad-core bahkan bisa lebih dingin drpd Intel Dual-core.
  • Varian tertinggi (Black Edition) dibandrol dgn hrg terjangkau, tanpa kehilangan muka d depan prosesor Intel dengan harga yang sama.
  • Harga platform (prosesor+mobo+RAM) lebih murah tanpa mengorbakan performa kseluruhan.
Kekurangan:

  • Konsumsi daya lebih tinggi drpd prosesor Intel dengan performa sama
  • RasioClock/performance yang lbh rendah drpd Intel (contohnya AMD Phenom II X4 955BE 3,2GHz baru bisa ngimbangin Intel Core 2 Quad Q9550 yg 2,8GHz, dan Phenom II 810 3,6GHz bisa diimbangin sm stock Core i5 750 2,6GHz)

Konsumsi Daya

AMD   : Kurang efisien dari Intel
Intel : Lebih baik dari AMD
2. Harga 
AMD   : Murah
Intel : Tinggi
3. Faktor Pendingin 
AMD   : Lebih cepat Panas
Intel : Tidak cepat panas
4. Kecepatan Kerja
AMD   : Tidak lebih cepat dibanding dengan Intel
Intel : Lebih cepat dibanding AMD
5. Untuk Permainan dan MUltimedia
AMD   : Permainan Game dan Output multimedia yang lebih baik karena lebih cepat clocking
Intel : Tidak bagus untuk permainan Game
6. Kinerja dan Harga
AMD   : Tinggi dan Rendah
Intel : Tinggi dan Tinggi
·         Demikianlah perbandingan yang mendasar antara AMD dan Intel. Untuk mendapatkan informasi teknis sebanyak yang Anda inginkan anda dapat melihatnya di amd.com dan intel.com

AMD dan Intel.. Dua-duanya punya kelebihan dan kekurangan pada rentang harga masing-masing. Tergantung anda akan merakitnya nanti. Perlu diingat bahwa komponen AMD tidak bisa masuk ke Intel, maksudnya adalah jika anda ingin merakit komputer AMD belilah komponen yang mendukung AMD bukan membeli komponen intel..
Sumber : dari berbagai artikel

0 komentar: