Jumat, 04 Januari 2013

Pengertian Dan Sejarah Sistem Operasi (OS)


Perkembangan atau sejarah sistem operasi Berawal dari altair, yaitu perangkat komputer pertama pada tahun 1975 yang menggunakan sistem operasi CP/M dan kemudian oleh perusahaan microsoft dirilis menjadi MS-DOS Dan berkembang dari MS-DOS versi 1.0 Pada tahun 1981 sampai MS-DOS versi 5.0 pada tahun 199. Sampai sekarang ini microsoft telah mengeluarkan beberapa sistem operasi mulai dari MS-windows, windows97, windows98, windows98Me, Windows2000.Windows ME,Windows XP,windows vista,windows 7 dan yang paling terbaru adalah windows 8 yang terkenal dengan tatap mukanya dan sentuhan yang modern dan elegan.
Sedangkan pengertian Sistem operasi (bahasa Inggris: operating system ; OS) adalah seperangkat program yang mengelola sumber daya perangkat keras komputer, dan menyediakan layanan umum untuk aplikasi perangkat lunak. Sistem operasi adalah jenis yang paling penting dari perangkat lunak sistem dalam sistem komputer. Tanpa sistem operasi, pengguna tidak dapat menjalankan program aplikasi pada komputer mereka, kecuali program aplikasi booting.
Sistem operasi mempunyai penjadwalan yang sistematis mencakup perhitungan penggunaan memori, pemrosesan data, penyimpanan data, dan sumber daya lainnya. Untuk fungsi-fungsi perangkat keras seperti sebagai masukan dan keluaran dan alokasi memori, sistem operasi bertindak sebagai perantara antara program aplikasi dan perangkat keras computer. Contoh sistem operasi modern adalah Linux, Android, iOS, Max Os X, dan Microsoft Windows.

Demikian sedikit paparan mengenai Pengertian Dan Sejarah Sistem Operasi (OS)...
semoga dapat bermanfaat..

0 komentar: