Senin, 08 April 2013

Kiat Atau Cara Untuk Sholat Dengan Khusyuk


Sholat khusuk????
memang tidaklah mudah, saya sendiri kalau sholat masih belum bisa khusyuk,, tapi setidaknya kita berusaha untuk sholat dengan khusuk, karena itulah yang di anjurkan Allah SWT. .
Mengapa kita harus sholat dengan Khusyu'???
  • Karena yang beruntung adalah Mukmin yang Khusyuk ( QS Al-Mu’minun 1-2)
  • Agar kita tidak Celaka dan bersifat Munafik ( QS Al-Ma’un : 4-5)
  •   Khusyu’ Menggugurkan dosa-dosa (HR Muslim dari Zaid bin Kholid) -->   من صلى ركعتين لا يحدث فيهما نفسه غفر له ما تقدم من ذنبه ".
  •  Agar pahala sholat kita optimal ( HR Abu Daud dari Amar bin Yasir) -->   (إن الرجل لينصرف وما كتب له إلا عشر صلاته.تسعها ثمنها، سبعها، سدسها، خمسها، ربعها، ثلثها، نصفها)
  •   Karena syetan senantiasa Menggoda (HR Bukhori Muslim dari Abu Hurairah) -->   وروى مسلم عن عثمان بن أبي العاص قال قلت: يا رسول الله إن الشيطان، قد حال بيني وبين صلاتي وبين قراءتي يلبسها علي، فقال صلى الله عليه وسلم: (ذاك شيطان يقال له خنزب فإذا أحسسته فتعوذ بالله منه واتفل عن يسارك ثلاثا) قال. 

Itu sedikit tentang alasan kenapa kita harus khusyuk dalam melaksakan sholat baik itu sholat wajib maupun sunnah,,. Sekarang kita menuju ke intinya yaitu mengenai Kiat Atau Cara Untuk Sholat Dengan Khusyuk, adapun langkah-langkahnya untuk melaksanakan sholat dengan khusyuk yaitu sebagai berikut :

  •       Istihdhor al-Qalb ( Konsentrasi )
       yakni mengosongkan hati dari hal hal yang tidak boleh mencampuri dan mengajaknya bicara.
F    aktor penyebab kehadiran hati adalah himmah (perhatian utama).
  •   Tafahum li ma’nal Kalam ( Mengetahui Arti lafal)
              Tafahhum (kefahaman), terhadap makna lafazh bacaan sholat. Senantiasa berfikir dan           mengarahkan pikiran untuk mengetahui makna.

Ta’dzhiim lillah ( Penghormatan & Pengagungan )

Ta'zhim (rasa hormat) yang lahir dari ma'rifat akan kemuliaan dan keagungan Allah (akan melahirkan rasa pasrah / istikanah) dan ma'rifat akan kehinaan diri (akan melahirkan rasa tidak berdaya / inkisar)

  Roja wal Khouf ( Harap-harap Cemas)

Perasaan harap-harap cemas tentang dikabulkan atau tidaknya sholat sehingga mendorong lebih hati-hati , khusyuk, dan menjaga dari hal-hal yang mengganggu kekhusyukan

  •         Dzkirul Maut ( Mengingat Mati )
     Ingatlah mati dalam sholatmu , karena sesungguhnya jika orang mengingat mati dalam sholatnya tentu ia akan memperbagus sholatnya. Shalatlah seperti orang tidak yakin ia akan dapat melakukan sholat selainnya. ( Shahih Albani, Assuyuti )

      اذكر الموت في صلاتك ، فإن الرجل إذا ذكر الموت في صلاته لحري أن يحسن صلاته
    ، و صل صلاة رجل لا يظن أن يصلي صلاة غيرها ، و إياك و كل أمر يعتذر منه "

    Jika kau berdiri dalam sholatmu maka shalatlah kamu seperti orang berpamitan (HR  Ahmad)
      إذا قمت في صلاتك فصل صلاة مودع

    Itulah sedikit tentang Kiat Atau Cara Untuk Sholat Dengan Khusyuk, jika ada kata yang salah atau kurang saya pribadi mohon maaf, karena saya pun masih orang awam tentang agama dan masih belajar pula untuk lebih tau tentang agama,,..
    Kritik dan saran (komentar) saya perlukan supaya bisa lebih baik lagi dalam penulisan artikel. Jangan lupa share ya sobat supaya postingan ini dapat bermanfaat..
    Terimakasih...










0 komentar: